Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PRAMATA ARHAN KE TOKYO VERDY DAN 5 TEMAN LAINNYA YANG BERPELUANG IKUT KE LIGA JEPANG, SIAPA SAJA DIA? BERIKUT INI ULASANNYA

Pratama Arhan hari-hari ini menjadi viral setelah dirinya resmi di kontrak 2 tahun dan berkostum dari klub liga 2 jepang yakni Tokyo Verdy. Dirinya membuat gempar publik Tanah Air dengan bergabung ke salah satu klub Jepang, Tokyo Verdy pemain dari PSIS Semarang. Pratama Arhan pun menambah panjang daftar deretan pemain Timnas Indonesia yang merumput ke negara luar dan diharapkan, ada pemain Timnas Indonesia lainnya yang mengikuti jejak Arhan dengan merumput di Jepang atau negara lainnya. Dan berikut lima daftar nama pemain Timnas Indonesia Alumni AFF 2020 yang layak menyusul Pratama Arhan ke Liga Jepang:

Pertama Ramai Rumakiek

Rumakiek sapaan akrabnya adalah salah satu punggawa Timnas Indonesia yang mencuri perhatian di Piala AFF 2020 tahun kemarin. Ia tampil apik dan mampu menciptakan gol penting. Meski tidak selalu menjadi pilihan pertama Pelatih Shin Tae-yong dalam laga Timnas Indonesia, pemain yang berkostum Persipura Jayapura berumur 19 tahun itu selalu tampil maksimal saat mendapatkan kepercayaan dari pelatihnya untuk berusaha tidak mengecewakan pelatihnya. Rumakiek kerapkali menjadi masalah bagi pertahanan lawan-lawan Timnas Indonesia karena kecepatan dan kemampuan skill individu yang dimilikinya. Dengan umur yang masih belia dan kemampuannya yang mempuni, Ramai layak main di luar negeri untuk mendapatkan pengalaman lebih.

Kedua Rachmat Irianto

Selanjutnya pemain yang satu ini, adalah pemain asal Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto. Anak dari Bejo Sugiantoro ini adalah andalan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia. Ia menggantikan peran rekan satu timnya yakni Evan Dimas yang lebih senioran dari dirinya, Namun karena ia tampil apik di sepanjang Perhelatan AFF 2020 dirinya selalu di pasang terlebih dahulu di starting line up utama Timnas di bawah kepelatihan Shin Tae-Yong.

Bermain sebagai gelandang yang di bilang cukup jangkar, Irianto menjadi orang pertama yang memutus serangan lawan dari lini tengah. Sekadar informasi, selain main sebagai gelandang bertahan, pemuda 22 tahun itu juga mampu mengisi lini tengah dari pertahanan belakang atau bek tengah Timnas. Meski lebih banyak membantu pertahanan tim, Irianto mampu mencetak dua gol melalui kepalanya di Piala AFF 2020 tahun kemarin. Dengan skil dan kinerja apiknya turut membantu Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2020 dan mempertemukannya dengan Thailand..

Ketiga Ricky Kambuaya

Selanjutnya pemain ketiga dalam daftar ini ditempati oleh Ricky Kambuaya. Seperti nama sebelumnya, Ricky juga merupakan andalan Persebaya Surabaya. Ricky yang biasanya bermain sebagai gelandang di lini tengah Timnas Indonesia. Pemain yang satu ini juga masih berumur 25 tahun itu hampir selalu menjadi pilihan pertama Shin Tae-yong untuk mengisi lini tengah bekerjasama dengan Irianto untuk memaksimalkan penyerangan.

Ricky Kambuaya mampu menghentikan serangan lawan dan mencetak gol. Pada Piala AFF 2020, Ricky mencetak gol ke gawang Thailand yang membantu Timnas Indonesia meraih hasil imbang 2-2 pada leg II final Piala AFF 2020 kemarin. Namun Sayang, Timnas Indonesia tetap kalah agregat 2-6 sehingga gagal menjadi juara setelah pertemuan pertama kalah telak 0-4 dari Thailand.

Keempat Alfeandra Dewangga

Yang satu ini juga merupakan rekan setim Pratama Arhan di PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga, juga dikategorikan masuk dalam daftar top 5 pemain yang di incar club luar negeri. Pemain 20 tahun itu yang berposisi asli sebagai bek tengah, Pelatih Shin Tae-yong juga memainkan Alfeandra di posisi gelandang bertahan untuk membentuk strategi tersebunyinya. Alfeandra dalam pergelaran AFF 2020 kemarin pun tampil sangat apik saat bermain di dua posisi tersebut. Saat Timnas Indonesia berlaga, nama pemain PSIS Semarang itu kerap disebutkan oleh komentator berbahasa Inggris karena penampilannya mencuri perhatian. Selain jadi andalan di Timnas Indonesia senior, dia juga tulang punggung tim U-23 bersama rekan lainnya di atas.

Yang kelima Merselino Ferdinan

Nah ini nih satu lagi pemain Persebaya Surabaya, yaitu Merselino Ferdinan. Gelandang serang berumur 17 tahun itu tampil sangat baik di Liga 1 2021-2022 dengan torehan empat gol dan enam assist dalam 18 pertandingan. Ferdinan pun baru saja mulai debut untuk Timnas Indonesia senior saat melawan Timor Leste dalam FIFA matchday yang sudah di ujicoba 2 kali. Dia menjadi debutan termuda kedua dalam sejarah Timnas Indonesia saat ini. Dia juga seharusnya tampil di Piala AFF U-23 2022 jika Timnas Indonesia U-23 tidak mundur akibat badai Covid-19 yang sedang melanda di tubuh Timnas saat ini. Sementara itu, rekan setimnya di Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa yang berasal dari Jepang, juga memprediksi Marselino bisa menyusul Arhan ke Negeri Sakura pada musim depan. Hal itu diungkapkan Taisei saat menanggapi kabar transfer Arhan ke Tokyo Verdy melalui unggahan di instagram stories-nya 

Pratama Arhan mengaku berat meninggalkan klubnya PSIS Semarang. Namun, demi perkembangan dan kemajuan kariernya, ia rela hengkang dari tim yang membesarkan namanya tersebut. Hal itu diungkapkan Arhan dalam konferensi pers jelang pertandingan PSIS kontra Bali United yang akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada, Minggu (19/2/2022). Adapun laga tersebut bakal menjadi terakhir kalinya Arhan berbaju PSIS.

Seperti diketahui Arhan telah dipinang klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy. Rencananya, pemain 20 tahun itu bakal bertolak ke Jepang pada akhir Februari mendatang. Dalam kutipannya "Buat saya meninggalkan PSIS tentunya sangat berat ya, karena sejak dari akademi saya sudah ada di situ juga. Tapi buat saya, tidak masalah karena ini untuk ke depannya lebih baik untuk karier saya," kata Arhan, Sabtu (19/2/2022).

Bek Timnas Indonesia itu akan memberikan kemampuan terbaiknya saat melawan Bali United besok minggu. Target kemenangan diincar pemain yang identik dengan lemparan jauh yang sangat mematikan musuh. "Buat tim PSIS Semarang dan teman-teman, saya harap bakal bekerja keras untuk menampilkan permainan terbaik esok, terus memberi kemenangan di setiap pertandingan untuk tim PSIS," terang Arhan. (al).

Post a Comment for "PRAMATA ARHAN KE TOKYO VERDY DAN 5 TEMAN LAINNYA YANG BERPELUANG IKUT KE LIGA JEPANG, SIAPA SAJA DIA? BERIKUT INI ULASANNYA"