Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SOLUSI DAN CARA MEMENUHI SYARAT UNTUK DITERIMA DI PROGRAM KARTU PRAKERJA

Kartu Prakerja

lentera8.com | Seperti yang kita sudah ketahui bahwa pendaftaran kartu Prakerja Pemerintah hingga saat ini sudah memasuki gelombang yang ke-8. Pada gelombang ini, jumlah kuota yang ditampung sebanyak 800.000 peserta yang direkrut untuk ikut serta dalam Program Pelatihan Prakerja. Di dalam tahap perekrutan tersebut, tidak sedikit peserta yang diterima alias ditolak dan gagal untuk ikut bergabung dalam Gelombang tersebut. Berbagai bentuk macam alasan kenapa calon peserta dinyatakan tidak lolos mengikuti program Prakerja ini, bahkan ada banyak peserta yang dinyatakan gagal sampai 3 kali berturut-turut. Mengutip dari situs resminya, Hari ini, Minggu (13/09/2020), dan berikut adalah cara yang dapat Anda bisa lakukan jika Anda ingin tetap mendaftarkan diri dalam program kartu Prakerja, meskipun sudah dinyatakan gagal sebanyak 3 kali berturut-turut caranya adalah:

  1. Anda diharuskan membuat surat pernyataan gagal lolos Prakerja 3 Kali yang dibubuhi dengan materai Rp. 6.000,-
  2. Contoh format surat pernyataannya bisa dilihat di situs resmi Prakerja disini 
  3. Isi surat tersebut dengan benar lalu kirim lewat e-mail ke kepesertaan@prakerja.go.id 
  4. Setelah itu tunggu konfirmasi yang akan diberikan oleh tim manajemen pelaksana. Jika Anda dinyatakan lolos, maka Anda harus mengikuti pelatihan online untuk mendapatkan sertifikat sekaligus memberikan ulasan dan penilaian ke lembaga pelatihan tersebut untuk bisa diterbitkan sertifikat di Kartu Prakerja.

Jika Anda tidak melakukan pelatihan, maka Anda tidak bisa menerima insentif sebanyak Rp. 600.000,- per bulan selama 4 bulan. Selain itu pula, untuk mendapatkan insentif ini, Anda harus menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet Anda ke akun Prakerja Anda. Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftar pun juga harus tervalidasi.

PEMBAHASAN KARTU PRAKERJA

Kami akan ulang membahasnya tentang apa itu Program dari Kartu Prakerja, Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Program ini didesain sebagai sebuah produk dan dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi. Hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat dengan semangat gotong royong demi SDM unggul, Indonesia maju.

Baca juga : Syarat Penerima Subsidi Gaji dari pengguna BPJS Ketenagakerjaan

Lantas untuk siapa dan ditujukan untuk siapakah?

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga untuk pekerja/buruh yang terkena PHK dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Singkatnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar. Untuk merespon dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya.

Baca juga : Cara Membeli dan Mengikuti Pelatihan di Platform dengan Kartu Prakerja

Namun, Kartu Prakerja tidak dapat diberikan kepada:

  • Pejabat Negara;
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;
  • Aparatur Sipil Negara;
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia;
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  • Kepala Desa dan perangkat desa; dan
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.
Jadi bisa disimpulkan bahwa Program dari Kartu Prakerja memiliki solusi untuk :
  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  • Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  • Mendorong kebekerjaan dengan mengurangi mismatch.
  • Menjadi komplemen dari pendidikan formal.
  • Membantu daya beli masyarakat yang terdampak penghidupannya akibat COVID-19.
Contoh Surat Pernyataan tidak lolos 3 kali pada Prakerja bisa digunakan sebagai acuan dan referensi sebagai berikut dibawah ini :

Post a Comment for "SOLUSI DAN CARA MEMENUHI SYARAT UNTUK DITERIMA DI PROGRAM KARTU PRAKERJA"